Rabu, 29 Februari 2012

Latihan fire Extinguisher

LATIHAN FIRE EXTINGUISHER


Rabu, tanggal 29 Februari 2012 seluruh anggota ARFFS Bandara Halim Perdanakusuma melaksanakan kegiatan latihan “ Fire Extinguisher ” dengan tujuan agar seluruh personil ARFFS Halim Perdanakusuma lebih familiar dalam menggunakan berbagai alat pemadam api portable, adapun alat yang dipergunakan adalah :

  1. Fire Blanket : alat ini dipergunakan untuk memadamkan api dalam skala kecil atau dalam proses pertumbuhan secara konvensional.
  2. Dry Chemical Powder : alat ini dipergunakan untuk memadamkan api kelas A ( Bahan Bakar Padat ), kelas B ( Bahan Bakar Cair ), kelas C ( Elektrik ).
  3. CO2 ( Karbondioksida) : alat ini dipergunakan untuk memadamkan api kelas C dalam kondisi tertentu yang diakibatkan oleh benda elektrik.
Latihan dipimpin oleh Sdr. Agung Brahmantyo sebagai Komandan Latihan. Sebelum melakukan latihan seluruh anggota ARFFS diwajibkan menggunakan peralatan safety sebagai alat pelindung diri antara lain helmet, sarung tangan (Glove), sepatu safety, dan baju tahan api (Proximity Suit).

Seluruh anggota ARFFS mencoba memadamkan api dengan menggunakan Fire Blanket, kemudian menggunakan Dry Chemical Powder, dan berikutnya menggunakan CO2, dengan mengikuti instruksi yang diberikan oleh Bpk. Sugeng Yulianto Koordinatos Lapangan dengan baik.

Dengan adanya latihan ini diharapkan kepada seluruh personil ARFFS agar bisa lebih terampil dan cekatan dalam upaya pencegahan bahaya kebakaran yang bisa terjadi setiap saat, kapanpun, dan dimanapun.

Copyright by : FK-PKPPK Halim Perdanakusuma International Airport
Office : ARFFS Building Halim Perdanakusuma International Airport - Jakarta